• Home
  • Dumai
  • Forum OPD Gelar Realisasikan Program 2019

Forum OPD Gelar Realisasikan Program 2019

Minggu, 08 April 2018 15:00:00
BAGIKAN:
ist

Berkabar.com - Untuk merumuskan program pembangunan Kota Dumai 2019 mendatang, Sekretaris Daerah Kota Dumai H Muhammad Nasir  membuka Forum Perangkat Daerah (OPD) Kota Dumai tahun 2018 di gedung Sri Bunga Tanjung Jalan Putri Tujuh Dumai, Senin (13/3/18)
     
Kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun tersebut bertujuan meningkatkan penyusunan rencana kerja pembangunan daerah Kota Dumai yang prioritas, sinergi dan akuntabel di tahun 2019.

Sekretaris Daerah Kota Dumai H Muhammad Nasir, mengatakan sebelum dilakukan forum OPD pada hari ini, sebelumnya telah dilakukan musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan sebagai tindaklanjut musrembang maka diadakan dilakukan pembahasan tingkat Forum OPD.

Proses penyusunan rencana kerja pembangunan daerah merupakan suatu proses partisipatif yang dimulai dari musyawarah tingkat RT, dilanjutkan dengan Musrenbang Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Forum OPD dan Musrenbang RKPD Kota Dumai yang dilaksanakan secara bertahap.

Menurut Setda, Forum OPD tahun 2018 merupakan wadah bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan hasil Musrenbang kecamatan dengan OPD.
     
"Pada forum OPD ini nantinya akan dibahas rancangan renja OPD pemerintah kota Dumai yang mempunyai unsur pelayanan dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari Musrenbang tingkat kecamatan pada beberapa bulan lalusebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan awal renja OPD 2019," ucapnya.

Tujuan penting dalam kegiatan ini adalah mensinkronkan prioritas kegiatan pembangunan dari tujuh kecamatan se-Kota Dumai dengan renja satker yang ada di Dumai.
    
"Saya harap pelaksanaan forum OPD selama tiga hari dapat dijadikan sebagai wadah penyusunan RKPD pada tahun 2019," harapnya.
     
Forum OPD ini merupakan salah satu instrumen penting dalam alur mekanisme perencanaan pembangunan daerah dalam penyusunan prioritas anggaran 2019 yang memberikan kewenangan kepada perangkat daerah dalam menentukan bentuk dan jenis penyelenggaraan tupoksi berdasarkan kebutuhan partisipasi masyarakat dan aspirasi pemangku kepentingan lain.
     
Setda menambahkan pemerintahan Zulkifli AS dan Eko Suharjo kedepan memprioritaskan air bersih yang saat ini sedang dilakukan pembahasan dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan lelang untuk pembangunan SPAM.

"Siapapun boleh ikut dalam lelang yang akan dibuka sekitar Mei 2018 tersebut karena terbuka secara nasional," ujarnya lagi.(rdk)
 

BAGIKAN:
KOMENTAR