Senin, 30 April 2018 12:02:00

Galeri Fhoto Kegiatan Laporan Pansus Terhadap Pembahasan LKPj Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2017

Penyerahan berita acara Laporan Pansus Terhadap Pembahasan LKPj Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2017 oleh Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Sigit Yuwono kepada Plt Wali Kota Ayat Cahyadi.
PEKANBARU - DPRD Pekanbaru telah menggelar rapat Paripurna Penyampaian Laporan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Pekanbaru Terhadap Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2017, Senin (30/4) lalu.
 
Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono diberi mandat untuk memimpin sidang, didampingi Plt Wali Kota Ayat Cahyadi, Sekretaris Kota Pekanbaru M Noer, serta undangan Forkopimda Kota Pekanbaru.
 
Poin penting dari laporan pansus LKPj ini adalah, menyarankan supaya pemko tidak terlalu tinggi menetapkan target PAD untuk setiap  organisasi perangkat daerah (OPD). Karena dari tingginya target itu, tidak satupun OPD yang mampu merealisasikannya.
 
"Poin penting kami dari laporan itu adalah target Pemko terlalu tinggi, sehingga banyak yang tidak tercapai, ini menjadi sorotan kita," kata Sigit usai paripurna.
 
Seharusnya, tambah dia, sesuai dengan rekomendasi DPRD, jika targetnya tinggi semestinya semua OPD bekerja maksimal dalam pencapaian target, sementara faktanya tidak. 
 
"Ini harus menjadi evaluasi pemko, agar target itu harus sesuai dengan kajian dan potensi," katanya lagi.
 
Selain itu, yang menjadi PR lainnya adalah masalah pendidikan, infrastruktur dan layanan kesehatan masyarakat kota smart city madani ini. 
 
"Ini masih menjadi pokok persoalan pemko. Banyak PR-nya. Pendidikan, infrastruktur, serta kesehatan masih menjadi perhatian," ungkapnya.
 
Tiga masalah ini, tentu berkaitan dengan target yang tak tercapai secara keseluruhan. "Makanya semua OPD itu harus diberi tanggung jawab, dan sanksi yang tidak memenuhi target," tegasnya.
 
LKPj merupakan salah satu bentuk informasi  yang wajib disampaikan oleh kepala daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang memuat tentang  arah kebijakan umum pemerintah daerah, pengelolaan keuangan daerah secara makro, penyelenggaraan urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan  daerah untuk satu tahun terakhir. 
 
LKPj dimaksudkan sebagai perwujudan pelaksanaan otonomi daerah dan pelaksanaan pemerintahanyang bersih dan bertanggungjawab serta mampu menjawab  tuntutan perubahan secara efektifndan efisien.
 
Plt Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengakui, selama tahun anggaran 2017 tidak semua yang ditargetkan  dapat dicapai. Untuk itu kritik dan saran dari pihak DPRD sangat diperlukan dalam rangka peningkatan pelaksanaan dan proses pembangunan ke depan. 
 
"Kami berharap denga penyampaian LKPj Kepala Daerah Kota Pekanbaru akhir tahun anggaran 2017, dan dengan rekomendasi yang diberikan  oleh DPRD Kota Pekanbaru hubungan check and balance antara Pemko dan DPRD dapat berjalan dengan baik. Sehingga jalannya roda pemerintahan dan proses pembangunan Kota Pekanbaru dapat berjalan dengan lancar," ujar Plt Wako Ayat Cahyadi.
 
Pada kesempatan tersebut, Ayat Cahyadi atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru mengucapkan terimakasih serta penghargaan tinggi kepada anggota dewan yang telah melakukan pembahasan, analisis, mengkaji lebih dalamserta memberikan rekomendasi terhadap LKPj Kepala Daerah Kota Pekanbaru tahun anggaran 2017.
 
"Kami akan memperhatikan sumbang saran dan kritik  dari anggota DPRD Pekanbaru sebagai pedoman perbaikan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat yang akan datang," tambah Ayat.
 
Ayat berharap kerjasama  yang telah dibangun selama ini baik dengan pimpinan, segenap anggota DPRD, jajaran Muspida serta seluruh komponen masyarakat dapat terus ditingkatkan guna menghadapi persoalan, tantangan dan target  yang akan dicapai. 
 
"Dengan kerja keras kita bersama semoga Pekanbaru yang  aman, nyaman damai dan sejahtera dapat diwujudkan," tutupnya.***
 
 

 

  •  
    Suasana Sidang.
  •  
    Penyerahan Laporan Pansus terhadap Pembahasan LKPj Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2017 kepada pimpinan sidang untuk selanjutnya diserahkan ke pihak Pemko Pekanbaru.
  •  
    Suasana usai Sidang Paripurna penyerahan laporan pansus terhadap Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2017.
  •  
    Anggota Pansus Pembahasan LKPj Kepala Daerah Akhir Tahun ¨Anggaran 2017 saat membacakan laporan.
  •  
    Kepala OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru.
  •  
    Sekdako Pekanbaru, M Noer MBS beserta unsur muspida yang hadir.
  •  
    Fhoto bersama usai Sidang Paripurna.