Air sungai Batang Pantai Diduga Tercemar Limbah Pabrik

BLH Kuansing Menunggu Hasil Lab

Senin, 26 September 2016 17:24:00
BAGIKAN:
Ilustrasi.Net

Berkabar.com - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kuantan Singingi (Kuansing) telah mengirim sampel air sungai Batang Pantai yang diduga tercemar limbah pabrik ke labor perikanan Universitas Riau. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah sungai tersebut tercemar limbah atau zat lainnya.

"Dalam minggu ini akan keluar hasilnya, kemungkinan paling lambat pada Jumat besok," ujar Kepala BLH Kuansing, Jefrinaldi kepada GoRiau.com, Senin (26/9) siang di Telukkuantan.

Karena itu, lanjut Jefrinaldi, pihaknya belum bisa memastikan apakah sungai tersebut tercemar limbah atau bukan. "Untuk memastikan itu, makanya kita kirim sampel air dan ikan ke Pekanbaru," tegasnya.

Sementara itu, warga setempat beranggapan matinya ikan di Sungai Batang Pantai disebabkan pencemaran limbah pabrik. Namun, untuk diketahui, jarak antara pabrik dan lokasi kejadian sekitar 12 Km.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, masyarakat Pucuk Rantau dihebohkan dengan banyaknya ikan mati di sungai. Bahkan, peristiwa ini juga merenggut nyawa seorang karyawan perusahaan. Aparat kepolisian menduga, korban tersebut tenggelam saat menangkap ikan.

(rdk/grc)

BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR