• Home
  • Kuansing
  • Kelangkaan Obat di RSUD Kuansing, Membuat Kemenkes RI Turun Langsung

Kelangkaan Obat di RSUD Kuansing, Membuat Kemenkes RI Turun Langsung

Senin, 13 Juni 2016 15:02:00
BAGIKAN:

Berkabar.com - Masalah krisis obat untuk pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang terjadi di RSUD Teluk Kuantan, menyebabkan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI akan turun langsung ke Kuansing. Demikian disampaikan Direktur RSUD Teluk Kuantan, dr David Oloan Napitupulu.

"Tin Kemenkes akan turun untuk melihat langsung kondisi RSUD Teluk Kuantan saat ini terutama terkait pelayanan terhadap pasien BPJS dan mencari solusi bersama," ujar David.

Menurut David, sebelumnya Pemkab, RSUD dan komite medis sudah dipanggil Kemenkes ke Jakarta, dan mempertanyakan secara langsung kondisi RSUD. Kemenkes juga berupaya mencari solusi agar RSUD kembali beroperasi secara normal.

Menurut David, salah satu solusi yang dihasilkan, RSUD diminta menjalin kerja sama dengan apotek untuk menalangi stok obat sebelum proses tender obat melalui e-katalog selesai dilaksanakan.

"Dalam waktu dekat kita akan mengadakan kerja sama dengan apotik sejalan dengan itu pembuatan payung hukum," katanya.

Berita sebelumnya menyatakan sejak beberapa waktu lalu RSUD Teluk Kuantan menghentikan pelayanan kepada pasien BPJS karena tidak tersedianya obat-obatan. Kisruh ini terjadi akibat proses pengadaan obat BPJS yang menggunakan sistem e-katalog dan obat baru akan diterima RSUD bulan September mendatang.

Sebelum obat datang dari proses tender e-katalog, selama ini obat ditalangi oleh apotik yang menjadi mitra RSUD. Hanya saja belakangan apotik tidak lagi berkenan karena banyak tunggakan yang belum dibayar. Polemik ini diperparah dengan mogok kerjanya dokter spesialis di rumah sakit tersebut.

(rdk/frc)

BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR