• Home
  • Rohil
  • Datuk Penghulu Rantau Bais Dinilai Abaikan Aspirasi Masyarakat

Datuk Penghulu Rantau Bais Dinilai Abaikan Aspirasi Masyarakat

Kamis, 01 Maret 2018 12:16:00
BAGIKAN:
Toni Octora/ Berkabar.com
Berkabar.com - Datuk Penghulu Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rohil, Yusri Kandar ST, yang baru saja terpilih dan dilantik, berbuat seenaknya mengangkat atau menunjuk Ketua RT 01 dan RT 02 serta RW 05, Dusun Sejati, tanpa melalui pemilihan.
 
Kejadian tersebut terjadi pada Senin (26/2/18) malam, sekira pukul 20.30 WIB, ketika melintasi di depan Masjid Al Ihsan di Jalan Simpang Bukit Timah-Duri, terlihat beberapa orang masyarakat sedang berkumpul dengan semangat demokerasi melaksanakan pemilihan Ketua RT dan Ketua RW. Salah satu warga masyarakat Dedi Sopian (43), yang sempat ditanyai tentang ramainya suasana di masjid tersebut mengatakan bahwa, mereka sedang melakukan pemilihan Ketua RT dan Ketua RW dan akan dilanjutkan keesokan harinya, Selasa (27/2/18) untuk memilih Ketua RW.
 
Ketika ditanyakan mengapa digelar malam hari, warga mengatakan tidak senang dengan perlakuan penghulu yang tidak demokratis.
 
Pada kesempatan itu pemilihan Ketua RT dan RW dipimpin Dedi Sopian dan Suprianto yang masing-masing pada saat itu masih menjabat sebagai Ketua RT, dimana keduanya masih bersedia melaksanakan pemilihan, oleh karena keinginan dan desakan masyarakat, yang menganggap apa yang dilakukan Datuk Penghulu Yusri Kandar ST yang baru terpilih telah mengangkangi hak berdemokrasi masyarakat.
 
Pemilihan berlangsung aman dan damai, masing-masing 2 orang calon dari RT 01 dan 2 orang pula dari RT 02. Untuk RT 01 yaitu, saudara Saulin Sinaga dan Edi Sutuyo, yang terpilih adalah Edi Sutoyo.
 
Sementara untuk RT 02 masing-masing Dedi Supriadi dan Pangeran Alias Aweng yang terpilih adalah Dedi Supriadi.
 
Dari para calon ini salah satunya adalah Saulin Sinaga yang ditunjuk Datuk Penghulu Desa Rantau Bais Yusri Kandar ST tidak terpilih oleh masyarakat Dusun Jati.
 
Dari hasil pemilihan ini maka keesokan harinya, Selasa (27/2/18) berita acara hasil pemilihan diserahkan kepada Datuk Penghulu Rantau Bais Yusri Kandar ST.
 
Dalam kesempatan itu, menurut keterangan pemilihan Dedi Sopian dan Suprianto mengatakan bahwa, Datuk Penghulu akan tetap menunjuk orang yang ditunjuknya yaitu Saul Sinaga untuk masa jabatan 1 tahun melihat hasil kinerjanya.
 
"Jika masyarakat keberatan Penghulu Yusri Kandar ST mengatakan dengan bahasa," mengambang ya," silahkan dilanjutkan," ucap Datuk Penghulu Yusri Kandar ST, yang mana pemimpin pemilihan Dedi Sopian, tidak tahu apa maksudnya Datuk Penghulu tersebut.
 
Sore harinya sekira pukul 16.00 WIB, pemilihan Ketua RW 05 yang membawahi RT 01 dan RT 02 Dusun Sejati, Desa Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, dilaksanakan dalam kesempatan itu ada empat orang calon, masing-masing nomor urut 1 Ahmad Amiri, nomor urut 2 Dedi Sopian, nomor urut 3 Suprianto, nomor urut 4 Pangeran Alias Aweng.
 
Sementara yang terpilih atas pemilihan masyarakat adalah Dedi Sopian.
 
Dari hasil pantauan saat pelaksanaan pemilihan Ketua RT dan RW yang sempat dihadiri Kepala Dusun Sejati H Adrizam. Salah satu warga Dusun Sejati Dedi Sopian, calon RT nomor urut 2, saat berlangsungnya pemilihan RT dan RW tersebut, Dedi Sopian.
 
"Bagi mereka tidak masalah siapa pun yang menjadi Ketua RT maupun RW, yang penting bagi mereka adalah menjalankan Demokerasi, jangan kangkangi hak kami untuk memilih,itu kata masyarakat," ujar Dedi Sopian.(toc)
 
BAGIKAN:
KOMENTAR