• Home
  • Rohil
  • Polres Rohil Gelar Sosialisasi Satgas Saber Pungli

Polres Rohil Gelar Sosialisasi Satgas Saber Pungli

Sabtu, 13 Januari 2018 07:05:00
BAGIKAN:
toni/ berkabar.com

Berkabar.com - Guna mengsosialisasikan penegakan hukum terkait pencegahan dan penegakan hukum terkait pungutan liar, Polres Rohil menggelar sosialisasi Saber Pungutan Liar (Pungli) di Kabupaten Rokan hilir.

Acara sosislisasi ini diawali dengan sambutan  dari Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH dan dilanjutkan dengan sosialisasi oleh Wakapolres Rohil Dr Wawan SIK MH selaku Ketua Saber Pungli di Kabupaten Rohil.

Acara dilaksanakan di ruangan aula Tunggal Panaluan, Jumat (12/1/18) di Mapolres Rohil yang dihadiri 195 orang dari tiga Kecamatan sekaligus diantaranya Kecamatan Tanah Putih, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kecamatan Bangko Pusako serta para Kasat, Perwira, Camat Tanah Putih Ramlan SSos, Camat Tanah Putih Tanjung Melawan Normansyah SIp, Camat Bangko Pusako Sukardi SP, Kapolsek Tanah Putih Kompol Sanusi SH, Kapolsek Tanah Putih Tanjung Melawan Iptu K Sirait SH, Kapolsek Bangko Pusako Akp Evi Hermanto SH, Kepala UPTD  Pendidikan Tanah Putih Saipul Kahar SPd, Kepala UPTD Pendidikan Tanah Putih Tanjung Melawan Aida SPd, Kepala UPTD Bangko Pusako serta para lurah dan penghulu.

Wakapolres Rohil Kompol Dr Wawan SH MH dalam pemaparannya
Tugas Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) adalah menyosialisasikan pencegahan praktik pungli, tujuannya untuk mengingatkan masyarakat agar tidak terlibat praktik tersebut.

"Kami berikan info aktual tentang praktik pungli dan bagaimana mencegahnya secara tegas, terpadu, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera," katanya.

Perwira bunga satu ini juga mengatakan praktik pungli merupakan pemaksaan. Para pelakunya sengaja menciptakan sistem birokrasi berbelit, yang ujungnya meminta suatu imbalan.

"Dan juga meminta uang, ini merupakan suatu kejahatan yaitu pemerasan," katanya.

Oleh sebab itu Mantan Wakapolres Meranti ini mengingatkan kepada masyarakat agar tidak tergantung terhadap praktik ini. Apalagi ketika mengurus surat, perizinan, dan sebagainya.

Kegiatan saber pungli ini katanya lagi bertujuan sebagai upaya pencegahan agar jangan sampai terjadi pungutan liar di tengah masyarakat terutama sekali di kantor pelayanan publik atau tempat pelayanan masyarakat seperti, pelayanan SKCK, SIM, Samsat, Reskrim serta pelayanan di pemerintahan daerah seperti, Kantor Camat, UPTD Pendidikan, Puskesmas, Kelurahan atau Kepenghuluan dan di Sekolah-sekolah dari  SD sampai SMA sederajat.

"Kita berharap melalui sosislisasi ini,semua peserta yang ikut sosialisasi ini dapat bekerja melakukan pencegahan dilapangan sehingga segala bentuk pungli dilapangan sehingga dapat diminalisir serta dapat dicegah secepatnya," pesannya.

Tak lupa kata Waka Polres Rohil mengucapkan terima kasih atas kehadiran para undangan yg hampir mendekati 100 persen yg hadir, walaupun cuaca hujan tapi undangan yang hadir cukup antusias apalagi di acara sesi tanya jawab, selanjutnya kegiatan ini akan berlanjut tiap minggu keliling ke masing masing kecamatan, rencana minggu depan ke kecamatan rimba melintang dan batu hampar.(eka/toc)
 

BAGIKAN:
KOMENTAR