• Home
  • Rohil
  • Polres Rohil Gelar Sosialisasi Satgas Saber Pungli 

Polres Rohil Gelar Sosialisasi Satgas Saber Pungli 

Rabu, 07 Februari 2018 12:37:00
BAGIKAN:
Toni untuk berkabar.com
Berkabar.com - Guna mengsosialisasikan penegakan hukum terkait pencegahan dan penegakan hukum terkait pungutan liar (pungli), Polres Rohil menggelar Sosialisasi Saber Pungutan Liar di Kabupaten Rokan Hilir Rabu (7/1/18), di Gedung Serba Guna Bagansiapiapi.
 
Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah H Drs Surya Arfan dan, Asisten III Muzakar, Waka Polsek Bangko AKP Dodi, Camat Sinaboi Hasyim, Camat Bangko Julianda, Camat Pekaitan Syarifudin, para lurah, penghulu, kepala sekolah dan perangkat desa.
 
Acara ini dibuka Waka Polres Kompol Dr Wawan SH MH dan dalam sambutannya menegaskan bahwa tugas Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) adalah menyosialisasikan pencegahan praktik pungli, tujuannya untuk mengingatkan masyarakat agar tidak terlibat praktik tersebut. 
 
"Disini kami berikan info aktual tentang praktik pungli dan bagaimana mencegahnya secara tegas, terpadu, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera," ujarnya.
 
Perwira bunga satu ini juga mengatakan praktek pungli merupakan pemaksaan. Para pelakunya sengaja menciptakan sistem birokrasi berbelit, yang ujungnya meminta suatu imbalan.
 
"Dan juga meminta uang, ini merupakan suatu kejahatan yaitu pemerasan, pungli itu pungutan di tempat seharusnya tidak ada biaya ini suatu kejahatan," tegasnya.
 
Oleh sebab itu kata Mantan Wakapolres Meranti ini mengingatkan kepada masyarakat agar tidak tergantung terhadap praktik ini. Apalagi ketika mengurus surat, perizinan, dan sebagainya.
 
Kegiatan saber pungli ini katanya lagi bertujuan sebagai upaya pencegahan agar jangan sampai terjadi pungutan liar di tengah masyarakat terutama sekali di kantor pelayanan publik atau tempat pelayanan masyarakat seperti, pelayanan SKCK, SIM, di  Samsat, Reskrim serta pelayanan di pemerintahan daerah seperti, Kantor Camat, UPTD Pendidikan, Puskesmas, Kelurahan atau Kepenghuluan dan di sekolah-sekolah. 
 
"Kita berharap melalui sosislisasi ini, semua peserta yang ikut sosialisasi ini dapat bekerja melakukan pencegahan di lapangan sehingga segala bentuk pungli di lapangan sehingga dapat diminalisir serta dapat di cegah secepatnya," pesannya.
 
Waka Polres Rohil ini meminta kepada para hadirin untuk mengikuti acara tersebut sampai habis dan serius. Sehingga diharapkan usai acara sosialisasi dapat dipraktekkan di lapangan dan jangan hanya seremonial saja.
 
"Kita ingin acara sosialisasi ini dapat dipraktekan terutama sekali di wilayah kerja pelayanan publik dan tidak ada lagi yang namanya pungli dilapangan," pungkasnya.
 
Sementara Sekretaris Daerah H Drs Surya Arfan MSi memberikan apresiasi atas giat yang di lakukan polres Rohil guna mencegah serta memberantas pungli di Rohil terutama sekali di jajarannya yang bertugas di pelayanan publik seperti rumah sakit, dinas perhubungan serta camat dan penghulu untuk tidak melakukan pungli.
 
"Kita berikan apresiasi kepada Polres Rohil yang menggelar acara sosialisasi satgas saber pungli ini apalagi Polres Rohil belum lama ini mendapat penghargaan dari Polda Riau atas kinerjanya memberantas pungli ini dan kepada seluruh pegawai saya berharap terutama sekali yang bekerja di pelayanan publik untuk tidak melakukan pungli," pesannya.(toc)
 
 
 
 
BAGIKAN:
KOMENTAR