• Home
  • Siak
  • Kampung Cina di Siak Habis Terbakar

Kampung Cina di Siak Habis Terbakar

Minggu, 18 Februari 2018 15:53:00
BAGIKAN:
nada/net

Berkabar.com – Kampung Cina atau disebut Chinatown di Jalan Sultan Ismail Kelurahan Kampung Dalam, Kabupaten Siak Riau habis terbakar, Sabtu (17/2/18) dinihari, sekitar pukul 03.15 WIB.

Api baru bisa dipadamkan pada pagi hari sekitar pukul 06.30 Wib. Diperkirakan jumlah Rumah Toko (Ruko) warga Tionghoa ini terbakar sekitar 40 unit.

Sementara kawasan Chinatown atau perkampungan cina tersebut sudah menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Siak.

Dan hanya berjarak ratusan meter dari Istana Siak. Setiap tahun baru Imlek, warga Tionghoa Siak merayakannya di Chinatown.

Informasi dilapangan menyebutkan, api yang menghanguskan puluhan bangunan di Perkampungan Cina itu diduga berasal dari ruko yang menjual alat pertanian.

Tak butuh waktu lama bagi si jago merah melalap bangunan yang sudah berusia ratusan tahun yang dibangun dari kayu itu.

Kapolres Siak, AKBP Barliansyah ketika dikonfirmasi Wartawan mengatakan pemadaman dilakukan dengan bantuan 8 unit mobil Damkar Pemda Siak dan PT BOB, mesin Portabel Siak 5 unit dan satu mesin robin dari Polsek Siak.

“Setelah itu, tim Identifikasi dan Reskrim diterjunkan ke lokasi untuk dilakukan penyelidikan. Petugas juga sudah memasang garis polisi,” kata Barliansyah.

Barliansyah menyatakan, pasca kebakaran tidak ditemukan korban jiwa. Sementara kerugian materi masih dalam penghitungan. Sementara kerugian kita hitung dalam penyelidikan ini.

Dugaan sementara kebakaran tersebut diduga berawal dari ruko milik salah satu warga Tionghoa, Alex alias Kim Cai yang menjual alat-alat pertanian.

“Dari keterangan saksi, Yosep (20), api awalnya dari rumah Alex. Namun penyebab kebakaran belum kita ketahui,” sebut Barliansyah.

Sementara warga setempat menduga kebakaran tersebut terjadi diduga akibat arus pendek listrik. Namun pihak kepolisian belum bisa menyimpulkan.

Musibah yang melanda warga Tionghoa ini, Barliansyah mengimbau kepada para korban agar sabar dan tabah menghadapi cobaan tersebut.

“Kita turut berduka atas kejadian ini. Semoga para korban tetap sabar. Mari kita waspada kebakaran,” ujar Barliansyah.(lin)




Sumber: nadariau
 

BAGIKAN:
KOMENTAR